Jatuh Tempo Shopee Paylater Tanggal Berapa? Ini Jawabannya

Samudranesia.id – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, segala sesuatu hal kiranya dapat dilakukan dengan online. Seperti hal-Nya pembayaran digital, memungkinkan dapat memudahkan para pengguna dengan adanya paylater.

Shopee Paylater adalah salah satu layanan penyedia pembayaran yang mempunyai limit Rp750.000 sampai Rp6.000.000. Tentunya pengguna dapat melakukan peminjaman, namun sistem peminjaman harus di bayar sebelum jatuh tempo Shopee Paylater terjadi, sebab kalau melewati jatuh tempo maka akan dikenai denda tentunya.

Maka untuk tidak terkena denda pengguna bisa melakukan perubahan tanggal jatuh tempo. Mungkin, kalau yang sudah kenal sistem kerjanya pasti akan paham tentang bagaimana sistem Shopee Paylater ini, tentunya dengan tanpa risiko.

Shopee Paylater

Shopee Paylater merupakan fitur pinjaman serta cicilan yang ada dalam e-commerce Shopee Indonesia. Fitur ini memiliki kemiripan dengan kartu kredit, tujuannya untuk membeli sesuatu ketika tidak memiliki dana yang cukup, namun membutuhkan sesuatu yang terdapat di e-commerce tersebut.

Pembayaran cicilan Shopee Paylater ini, pengguna harus mengembalikan dana yang telah dipinjam sesuai dengan waktu yang telah dipilih. Pilihan dari cicilan Shopee Paylater tersedia yang tiga bulan, enam bulan, sampai dua belas bulan. Tagihan ini wajib konsumen bayar sebelum jatuh tempo, hal tersebut agar tidak dikenai denda atas keterlambatan.

Sistem Penagihan dan Denda Telat Membayar Shopee Paylater

Sistem Penagihan dan Denda Telat Membayar Shopee Paylater

Dana yang dipinjam oleh pengguna wajib dibayar lewat cicilan per bulan dengan beberapa pilihan sebelumnya. Selain itu, agar pengguna tidak kena denda, pengguna yang telah mengaktifkan Shopee PayLater dapat memilih jatuh tempo akan pembayaran cicilan per bulan yaitu  antara tanggal 5 juga 25.

Total dari biaya cicilan Shopee PayLater tersebut mencakup bunga serta biaya penanganan per transaksi yang dilakukan. Cicilan dengan Shopee PayLater dibayar termasuk dengan minimal bunga sebesar 2,95% serta biaya penanganan per transaksi sebesar 1%.

Contohnya, membeli barang dengan harga Rp100.000 di aplikasi Shopee, kemudian dibayar menggunakan Shopee PayLater dengan memilih termin pembayaran 1 bulan, maka saat jatuh tempo, tagihannya menjadi Rp103.950.

Jatuh tempo Shopee Paylater dan denda telat bayar maka pengguna harus membayarkan tagihan cicilan tersebut itu sesuai tanggal yang telah ditentukan. Jika pengguna telat membayar, maka akan kena denda meski telat satu hari saja.

Rincian sampai denda keterlambatan pembayaran saat sebelum atau sesudah jatuh tempo akan mendapat denda, berapakah denda tersebut? Berikut ulasannya.

  • Akan mendapat denda sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan

Contohnya, jika pengguna memiliki tagihan Rp100.000, maka dengan ditambah tagihan menjadi sebesar Rp105.000.

  • Total dari tagihan akan meningkat setiap bulannya jika tidak segera membayar

Maka, pengguna wajib untuk tidak memiliki keterlambatan dalam pembayaran. Jika terlambat akan mendapat denda.

  • Shopee akan membatasi fungsi

Jika ada keterlambatan secara berangsur-angsur, maka pengguna akan mendapatkan keterbatasan dalam mengakses fungsi juga voucher pada aplikasi jika mengalami keterlambatan dalam pembayaran.

  • Dapat mempengaruhi peringkat kredit di (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK

Peringkat dari kredit yang buruk, akan membuat pengguna kesusahan untuk mendapat pembiayaan dari perusahaan lain atau Bank. Shopee juga akan melakukan penagihan langsung kepada pengguna yang telat membayar atau gagal membayar Shopee PayLater. Artinya, debt collector Shopee Paylater akan datang ke rumah.

Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Jatuh tempo Shopee Paylater pada tanggal 5, 11, juga 25, hal tersebut dibayarkan pada bulan berikutnya. Ketika pembelian sudah dilakukan juga pembayaran berhasil, maka muncul tagihan yang wajib dibayar berdasarkan pada periode cicilan.

Tagihan Shopee Paylater ini muncul tanggal 25, 1, serta 15 pada setiap bulannya, jadi pengguna wajib untuk mengetahuinya. Dikarenakan jatuh tempo Shopee Paylater ini dihitung berdasarkan tanggal, maka besar kemungkinan pengguna dapat mengubah akan waktu pembayaran dengan berbagai cara.

Memilih Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Ketika mengajukan peminjaman, maka akan terdapat beberapa pilihan tentang tanggal jatuh tempo, hal tersebut dapat dilihat dari rincian tagihan pengguna. Ketika pembelian telah dikonfirmasi, maka pihak Shopee akan memberi informasi terkait tanggal jatuh tempo. Pengguna dapat memilih mengenai waktu membeli dengan patokan seperti berikut.

  • Kalau tagihan muncul pada tanggal 25, maka jatuh tempo tanggal 5 untuk nanti dibayar.
  • Jika tagihan tampil pada tanggal 1, maka jatuh tempo tanggal 11 paling lambat untuk pembayarannya.
  • Kalau tagihan muncul di tanggal 15, maka jatuh tempo pada tanggal 25 dan harus di bayar.

Mengetahui Tanggal Jatuh Tempo Shoppe Paylater

Cara mengetahui tanggal jatuh tempo Shopee Paylater yaitu dengan memeriksanya langsung lewat menu tagihan. Maka, secara langsung semua transaksi yang dilakukan akan muncul serta tanggal jatuh tempo. Berikut merupakan caranya:

  • Bisa mengakses Shopee Payleter lalu masuk ‘tagihan saya’
  • Masuk ke salah satu pembelian, terus tekan ‘belum bayar’
  • Setelah itu akan muncul informasi nominal, batas bayar, dan tanggal jatuh tempo.

Cara Ubah Tanggal Jatuh Tempo Shoppe Paylater

Cara Ubah Tanggal Jatuh Tempo Shoppe Paylater

Pinjaman Shopee Paylater ini pasti memiliki sistem pembayaran jatuh tempo. Maka, agar tidak terkena denda maka dapat dilakukan dengan mengubah tanggal jatuh tempo yang telah tersedia. Cara tersebut dapat dilakukan dengan beberapa tips di bawah ini.

Melakukan Transaksi Tanggal 25

Cara pertama untuk melakukan transaksi yaitu pada tanggal 25 atau juga akhir bulan. Sebab kalau pembelian dilakukan di akhir bulan, seperti di tanggal 25 maka jatuh tempo yang harus di bayar di akhir bulan, yaitu tanggal 5 di bulan berikutnya. Cara yang satu ini cukup efektif untuk mengubah jatuh tempo, sebab akan mendapatkan keringanan satu bulan.

Membayar Tagihan Sebelum Periode Berakhir

Cara yang kedua bisa dengan melakukan pelunasan di awal sebelum batas waktu berakhir, hal tersebut dirasa cukup efektif untuk mengubah jatuh tempo. Sebab, dengan melakukan pelunasan di awal tentu pengguna tidak menjumpai tagihan yang muncul kembali. Cara tersebut sangatlah mudah, pengguna dapat masuk ke menu sebagai berikut.

  • Buka menu ‘Saya’, kemudian masuk ke ‘Spayleter’, lalu pilih ‘bayar sekarang’
  • Masuk ‘Tagihan Bulan Depan’, maka akan muncul rincian.
  • Lanjut dengan menekan ‘Bayar Lebih Dulu’
  • Pengguna hanya dapat melakukan pelunasan tagihan satu bulan berikutnya atau juga melunasi semua.

Menggunakan Cicilan Satu Kali Beli Sekarang

Cara ketiga yang dapat dilakukan dengan menggunakan fitur satu kali cicilan serta melakukannya di akhir bulan. Tepatnya di tanggal 26 sampai 30, usahakanlah pada tanggal tersebut. Hal demikian agar mendapat jatuh tempo dua bulan kemudian.

Menghubungi Customer Service Shopee

Cara terakhir yang dapat dilakukan dengan mengirimkan chat ke customer service melalui aplikasi, kemudian mintalah bantuan. Selain itu, pengguna dapat menghubungi call center pada nomor 1500702, lalu ajukan permintaan mengubah waktu jatuh tempo di Shopee PayLater.

Tentunya pengguna diwajibkan untuk membayar tagihan tepat waktu, karena perjanjian tersebut telah disepakati bersama sebelumnya. Jika telat, maka sudah dipastikan akan kena denda, agar mengurangi jatuh tempo bisa melakukan cara-cara di atas. Mengenai peraturan jatuh tempo Shopee Paylater ini bisa saja berubah-ubah pada setiap tahunnya.

Baca Juga :  5 Cara Salin ID FF Untuk Bobol Akun Terbaru, Dijamin 100%