Cara Pinjam Uang di Shopee, Bunga, dan Cara Pembayarannya

Samudranesia.id – Sekarang Shopee menawarkan layanan keuangan berupa fasilitas yang memungkinkan Anda untuk pinjam uang di Shopee, fasilitas ini dinamakan Shopee Pinjam.

Jadi, Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman uang dengan mudah dan bunga rendah. Bahkan, Anda dapat memilih jangka waktu kapan akan mengembalikan dana pinjaman. Tenor yang ditawarkan sekitar 2, 3, 6 dan 12 bulan.

Anda tinggal menentukan sendiri, mau pinjam dana berapa dan kapan waktu pengembalian. Semuanya bisa diatur sesuai kebutuhan Anda. Tapi sebelum itu, coba baca dulu kelebihan dan kekurangan pinjam uang di Shopee, sebelum Anda melakukan proses pengajuan pinjaman.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjam Uang di Shopee

Sebelum Anda melakukan pinjaman uang di Shopee, ada baiknya cari tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan kalau ambil pinjaman di Shopee.

Sehingga, Anda dapat mengantisipasi segala resiko yang nantinya bisa terjadi. Berikut ini adalah kelebihan kalau Anda pinjam uang di Shopee :

  1. Proses aktivasi pengajuan untuk satu akun pinjaman cukup cepat
  2. Proses pencairan dana bisa dibilang cepat, karena hanya memakan waktu sekitar 30 menit sampai 2 hari kerja, maka dana pinjaman akan masuk ke akun rekening Anda.
  3. Ada biaya administrasi untuk pinjaman uang di Shopee, biayanya cukup murah, sekitar RP. 10.000
  4. Bunga yang diberikan kalau Anda melakukan pinjam uang di Shopee cukup ringan, yaitu sekitar 1 sampai 3 %
  5. Pengajuan pinjaman uang bisa dilakukan lebih dari satu kali. Tapi dengan catatan, limit pinjaman Anda masih tersisa.
  6. Shopee menawarkan limit pinjaman yang cukup besar, sekitar Rp. 5.000.000

Dan, kekurangan dari pengajuan pinjam uang di Shopee yang perlu Anda pertimbangkan adalah :

  1. Shopee memberikan jangka waktu pinjaman yang singkat, yaitu sekitar 2, 3, 6 dan 12 bulan.
  2. Shopee memiliki batasan untuk pengajuan akun pinjaman. Karena, tidak semua pengguna atau pembeli bisa menikmati pinjaman ini.
  3. Denda yang ditetapkan cukup besar jika Anda terlambat untuk mengembalikan uang pinjaman. Jadi pastikan Anda selalu tepat waktu untuk membayar.

Dari kelebihan dan kekurangan cara pinjam uang di Shopee, diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum melakukan proses pinjaman lebih lanjut.

Jangan asal langsung mengajukan pinjaman, tanpa tahu kelebihan dan kekurangannya, karena itu cukup beresiko dan bahkan menjadi sebuah kerugian bagi Anda.

Cara Melakukan Pinjam Uang di Shopee

Cara Melakukan Pinjam Uang di Shopee

Melakukan pinjam uang di Shopee sebenarnya cukup mudah, tapi Anda harus tetap teliti agar tidak salah langkah, karena urutan pinjaman uang ini cukup banyak.

Sebelum melakukan proses pinjaman uang, persiapkan dulu syarat-syarat yang dibutuhkan, seperti :

  1. KTP
  2. Rekening bank dan pastikan masih aktif
  3. Dua nomor ponsel, ini dilakukan jika ada keadaan darurat Anda masih bisa dihubungi menggunakan nomor ponsel yang satunya.

Pastikan data diri yang dimasukkan adalah data diri Anda yang asli, bukan mengambil data orang lain. Tentunya hal ini tidak diperbolehkan, karena merugikan orang lain dan Anda bisa terjerat tindakan kriminal berupa penipuan.

Selain itu, Anda harus sadar diri sebelum melakukan pinjaman online, jangan khilaf meminjam uang dengan dana yang besar, padahal belum tentu Anda bisa sanggup membayar.

Lakukan pengajuan pinjaman dengan bijak dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pinjaman uang di Shopee :

  • Buka akun Shopee Anda. Kemudian klik profil akun, lalu pilih Shopee Pinjam

Buka akun Shopee Anda. Kemudian klik profil akun, lalu pilih Shopee Pinjam

  • Setelah berada di halaman Shopee Pinjam, klik tombol “Aktifkan Sekarang”. Ini dilakukan untuk mengaktifkan Shopee pinjam di akun Anda.
  • Masukkan nomor ponsel Anda untuk mendapatkan nomor kode OTP untuk verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut lalu klik “Lanjutkan”.
  • Isi data diri berupa nomor darurat di kolom yang tersedia.
  • Lalu klik tombol “Mulai Verifikasi Wajah”. Arahkan kamera ke wajah Anda, pastikan Anda berada ditempat yang cahayanya terang, agar wajah Anda dapat terlihat dengan jelas.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses aktivasi akun Shopee pinjaman disetujui.
  • Buka kembali halaman Shopee Pinjam, lalu klik tombol “Ajukan”

Buka kembali halaman Shopee Pinjam, lalu klik tombol “Ajukan

  • Pilih jumlah pinjaman yang ingin Anda pinjam dan pilih juga “Durasi Pinjaman”
  • Pilih rekening bank yang ingin Anda gunakan untuk menerima dana pinjaman, pastikan nomor rekening sudah sama dengan yang ada di Shopee pay later. Kemudian klik “Lanjutkan”.
  • Setelah itu akan muncul detail pinjaman yang Anda ajukan tadi. Periksa kembali nominal, jangka waktu dan bunga yang harus dibayar, jangan sampai ada data yang salah.
  • Jika data Anda sudah benar semuanya, klik “Ajukan Sekarang”. Lalu masukkan PIN Shopeepay.
  • Tunggu maksimal 2 hari kerja, pengajuan pinjaman uang akan diproses, jika pengajuan pinjaman uang disetujui oleh pihak Shopee, maka Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa dana pinjaman sudah masuk ke rekening Anda.

Tapi perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua orang bisa melakukan pinjam uang di Shopee. Alasannya, sebagian pengguna Shopee tidak menemukan menu  Shopee pinjam di aplikasi atau akun shopee mereka.

Penyebabnya karena tidak semua akun Shopee dikasih fasilitas oleh pihak Shopee untuk mengajukan pinjaman dana.

Bahkan, sampai sekarang belum ada solusi dari masalah ini. Tindakan yang bisa dilakukan hanyalah memaksimalkan penggunaan aplikasi Shopee dan melakukan update ke versi yang baru.

Siapa tahu kalau aplikasi Shopee sudah di update langsung dikasih kesempatan untuk melakukan pengajuan pinjaman.

Cara Mengembalikan Dana Pinjam Uang di Shopee

Setelah Anda mendapatkan dan menikmati dana pinjaman dari Shopee, jangan lupa untuk membayar kembali uang tersebut ditambah dengan bunganya.

Jangan sampai Anda terlambat untuk membayar, jika terlambat denda yang Anda terima semakin lama akan menumpuk, tentunya hal ini bikin Anda semakin susah untuk kembalikan dana pinjaman.

Maka dari itu, kalau lagi gajian atau punya uang lebih, sisihkan uang Anda untuk membayar dana pinjaman. Dan berikut ini adalah cara mengembalikan dana pinjam uang di Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee, kemudian buka profil Anda
  • Klik “Shopee Pinjam”, lalu tekan tombol “Bayar”

Klik “Shopee Pinjam”, lalu tekan tombol “Bayar”

  • Terdapat kolom nominal pembayaran, masukkan nominal yang sesuai dengan tagihan pinjaman Anda.
  • Pilih metode pembayaran, misalnya Anda pakai Mobile banking atau ATM, lalu klik “Bayar Pinjaman”
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pembayaran tagihan Anda selesai. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi pembayaran berhasil.

Kesimpulan

Mendapatkan uang dengan cara cepat tentunya adalah hal yang menyenangkan. Tapi jangan sampai gelap mata juga. Anda menggunakan uang pinjaman untuk bersenang-senang dan membeli banyak barang bukan karena faktor kebutuhan adalah masalah.

Ada baiknya untuk menggunakan dana pinjaman untuk membeli barang yang sangat dibutuhkan atau sedang dalam keadaan darurat. Hal ini tentunya lebih bermanfaat jika Anda melakukan pinjam uang di Shopee.

Selamat mencoba pengajuan pinjaman. Pastikan Anda bijak menggunakan uangnya dan jangan sampai telat untuk membayar tagihan.

Baca Juga :  6 Cara Ganti Password Moonton di Mobile Legends Tokcer!!